Rfid

A. LATAR BELAKANG

Di zaman yang terus berkembang ini segala kebutuhan manusia dapat dipenuhi dengan mudah, mulai dari pembayaran dengan kartu kredit, pengambilan sejumlah uang dengan kartu ATM, transaksi melalui mobile banking dan internet banking, dan lain-lain. Kebutuhan manusia yang ingin serba mudah dan serba cepat tersebutlah mendorong penggunaan Radio Frequenct Identification (RFID), dimana penggunaan teknologi ini akan semakin mempermudah dan mempercepat produktivitas yang dilakukan oleh manusia. Teknologi RFID digunakan untuk mengidentifikasi atau pelacakan dan masing-masing memiliki perbedaan dalam pengenalan identitasnya.

Munculnya teknologi RFID ini diyakini terjadi pada abad ke-20, diyakini bahwa RFID digunakan pada sekitar tahun 1920 pada era awal. Pemanfaatannya belumlah maksimal pada tahun tersebut. Namun diyakini semenjak sekitar tahun 1970, penggunaan RFID barulah mulai berkembang, sehingga RFID pada saat itu dibedakan menjadi RFID modern. Semenjak saat itu mulailah teknologii RFID semakin berkembang dari tahun ke tahunnya. Dimana perkembangannnya tidak lain untuk mengembangkan kemudahan dalam menjalani aktivitas serta meningkatkan tingkat produktivitas masyarakat banyak yang selalu menginginkan kehidupan yanng lebih baik setiap tahunnya.   Manusia merupakan makhluk yang tidak ppernah puas atau memiliki keinginan yanng tidak terbatas menjadikan RFID untuk selalu dikembangkan. Pembahasan yang lebih mendalam mengenai RFID akan dibahas lebih banyak pada makalah ini.

B. RUANG LINGKUP DAN MASALAH

Ruang lingkup dari pembahasan topik ini adalah seputar pemahaman, sejarah, penggunaan, dampak dari RFID. Serta penerimaan RFID ini dimata masyarakat.

Permasalahan yang ada di dalam RFID ini adalah perombakan massal saat RFID akan digunakan oleh seluruh masyarakat dimana seluruh manusia di muka bumi ini harus ikut berpartisipasi dalam penggunaan RFID, sedangkan RFID itu sendiri jika digunakan pada seluruh umat manusia akan menganggu privasi...